Menu Tutup

Di Tengah Pandemi Virus Corona, SMKS Bina Mandiri Sukses Jalankan UNBK

Sejumlah SMK di Indonesia tetap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di tengah wabah virus Corona yang melanda dunia. Sesuai jadwal yang disampaikan oleh Kemendikbud, UNBK tingkat SMK di seluruh Indonesia, digelar serentak tanggal 16 sampai 19 Maret 2020 dengan empat  mata pelajaran (mapel) yang diujikan. Yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan TeoriKejuruan. Meskipun terdapat sejumlah sekolah di Indonesia yang harus menunda penyelenggaraan UNBK untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, sejumlah sekolah menengah kejuruan di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, tetap menyelenggarakan UNBK sesuai jadwal, tanpa terkecuali SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo, salah satu sekolah kejuruan yang tetap menjalankan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Pengawas ruang sedang memantau pelaksanaan ujian siswa

Pelaksanaan UNBK di SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo diikuti oleh 51 siswa. Siswa yang mengikuti UNBK tersebut terdiri dari dua kompetensi keahlian,  yakni Akuntansi dan Keuangan Lembaga dan Administrasi Perkantoran. Pelaksanaan UNBK inipun  dibagi dalam tiga sesi. Hal ini dikarenakan fasilitas komputer dan ruangan yang masih terbatas. UNBK dilakukan di ruangan laboratorium komputer sekolah dengan didukung oleh 17 unit komputer yang telah disediakan panitia UNBK. Selama proses UNBK berlangsung, tidak ditemui kendala yang menghambat, baik  konektivitas jaringan maupun ketersediaan listrik. Agar proses UNBK tetap berjalan dengan aman dan lancar, pihak sekolah tetap menyediakan genset sebagai antisipasi jika terjadi pemadaman listrik. Dionisius Rajen, selaku kepala sekolah SMKS Bina Mandiri mengatakan “Pelaksanaan UNBK tahun 2020 ini tidak memiliki perbedaan dalam pelaksanaannya jika dibandingkan dengan pelaksanaan UNBK tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan UNBK tahun inipun dinilai lebih lancar”.

Dokumentasi Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMKS Bina Mandiri

Dalam mencegah penyebaran virus Covid 19 di lingkungan sekolah, Panitia UNBK melakukan beberapa tindakan pencegahan yakni dengan mewajibkan setiap siswa untuk mencuci tangan sebelum masuk ruang laboratorium. Pelaksanaan Ujian Nasional di SMKS Bina Mandiri merupakan kali ke 5 dan untuk pelaksanaan UNBK tahun 2020 ini merupakan kali ketiga sejak pertama kali diadakan pada tahun 2018. Dengan berjalan lancar dan aman, pelaksanaan UNBK di Tahun 2020 ini tentu menjadi keberhasilan tersendiri bagi SMKS Bina Mandiri sebagai penyelenggara. Hal ini tentunya menjadi kepedulian besar sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada SMKS Bina Mandiri.

Penulis : Maria Eufrasia Renate, S.Sos.

Share:

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *