Menu Tutup

SMKS Bina Mandiri Terlibat dalam Acara Sidang IBI di Hotel Jayakarta

Jumat (15/07/2022), Sanggar Sampang Alak Wela Kalo SMKS Bina Mandiri  Kabupaten Manggarai Barat hadir dalam kegiatan Seminar Ilmiah, Rapat Kerja Daerah lll Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai anggota penari Perarakan Tamu dan tarian Tiba Meka di Hotel Jayakarta Labuan Bajo. Empat (4) orang anak mengiringi perjalanan tamu menuju tempat duduk dan menyambutnya dengan suguhan daun sirih pinang yang diisi dalam kotak selepa. Selepa merupakan tempat untuk menyimpan sirih pinang yang digunakan untuk ritual-ritual adat di daerah Manggarai Barat.

Salah satu kegunaan dari selepa tersebut adalah untuk menyambut tamu saat menampilkan tarian Reis Meka. Para penari perempuan dengan kebaya hijau dan putih dalam foto yang ditampilkan memberikan sebuah sirih pinang dari dalam kotak kepada para tamu yang terpilih di akhir tarian. Sirih pinang yang diberikan mempunyai arti dan harapan bahwa para tamu akan menyatu dengan nilai kehidupan yang luhur dalam budaya Manggarai yakni nilai rasa keikhlasan, kesegaran, kejujuran, dan rasa persaudaraan.

Adapun tamu yang hadir dalam acara tersebut, diantaranya Bapak Wakil Bupati Manggarai Barat, Kepala Ikatan Bidan Indonesia Provinsi NTT, Ketua IBI (Ikatan Bidan Indonesia) dari setiap Kabupaten Provinsi NTT, beserta jajaran lainnya. Empat orang penari dari sanggar Sampang Alak tersebut melenggak-lenggok di hadapan para tamu dengan senyum sapa yang sangat ramah.

Share:

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.